Rabu, 04 Februari 2015

3 ciri-ciri alergi susu pada bayi

Muka bayi anda tiba tiba memiliki bintik merah sesaat setelah meminum susu? Yap, ini adalah ciri utama dari alergi susu pada bayi. jangan takut bunda, karena alergi susu merupakan kasus alergi makanan yang paling sering terjadi pada bayi, jadi ada banyak ibu yang mengalami masalah seperti anda.

Tidak hanya susu sapi yang bisa menimbulkan alergi, alergi susu juga bisa terjadi pada susu kedelai, susu kambing, susu domba atau susu kerbau.

Ciri-ciri alergi susu ini akan muncul beberapa jam setelah bayi mengkonsumsi susu. Dan biasanya terjadi pada bayi dan anak dibawah 3 tahun.

Adapun ciri-ciri dari alergi susu pada bayi adalah sebagai berikut:

  1. Kulit bayi anda akan memerah, terasa gatal, dan membengkak
  2. Terjadi gangguan saluran pencernaan, seperti mual, muntah, diara dan sakit perutnya
  3. Terjadi sesak napas pada bayi

Lalu kenapa bayi anda bisa terkena alergi?
Ciri-ciri alergi biasanya akan timbul pada anak yang mengkonsumsi susu formla, selain itu bakal alergi bisa juga diturunkan dari anda sebagai orangtuanya. Alergi pada bayi sangat terkait dan dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan dan imunologi dari bayi.

Proses alergi susu sapi pada bayi sebenarnya bisa terjadi karena bayi yang bersangkutan lebih sensitif terhadap komponen protein susu (paling sering dalam hal alergi ini adalah akibat beta-lactoglobulin) atau pada proses pembuatan susu, sehingga komponen protein ini akan bereaksi dengan antibodi tubuh yang memicu terbentuknya immunoglobulin E (IgE). Inilah yang bisa menjadi penyebab bayi anak alergi pada susu baik itu susu sapi atau pun susu formula yang kebanyakan adalah terbuat dari protein susu pada sapi.

Jadi seperti kata orang tua dulu, yang lebih baik tetaplah ASI, alias air susu dari ibunya sendiri. Ada baiknya ibu mempersiapkan agar ASI nya agar bisa baik dan banyak sebelum melahirkan, untuk menghindarkan anak anda terkena penyakit alergi susu.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)