Selasa, 03 Februari 2015

11 ciri-ciri ibu yang mau melahirkan dalam waktu dekat

11 ciri-ciri ibu yang mau melahirkan dalam waktu dekat - Mengenali ciri ibu akan melahirkan sangat penting untuk di ketahui. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, terkait dengan proses persalinan.

Untuk pasangan yang baru pertama kali akan mempunyai anak, hal ini bisa membuat stress. Namun jangan khawatir, tetaplah tenang dan baca tips berikut, agar anda tidak kecolongan


  • Pertama, Kontraksi
    Pertanda paling jelas adalah terjadinya kontraksi. Setiap wanita akan merasakan sensasi kontraksi yang berbeda, karenanya, kenali sensasi anda. Kontraksi tahap awal biasanya seperti terjadinya kram pada saat haid. Bisa berlangsung antara 30 sd 60 detik, intervalnya sekitar 20 menit sekali. Pada tahap ini mulut rahim akan melebar.
  • Kedua, Keluarnya lendir atau flek
    Salah satu pertanda semakin dekatnya tanggal kelahiran adalah bertambahnya cairan lendir dari vagina. Ini adalah pertanda awal bahwa ibu akan segera melahirkan. Pada masa ini, mulut rahim melunak untuk mempersiapkan kelahiran.
  • Ketiga, Nyeri punggung
    Pada beberapa wanita, awal persalinan biasanya dimulai dengan sakit pada bagian punggung bawah yang terus menerus. Hal ini adalah pertanda yang normal terjadi dan nyeri dapat diredakan dengan parasetamol dosis rendah, tentunya dengan anjuran dokter.
  • Keempat, Kram
    Adanya kram atau nyeri pada perut yang rasanya seperti saat datang bulan juga merupakan pertanda bahwa kelahiran semakin dekat. Jika Ibu merasa tak nyaman, cobalah mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh lebih nyaman, rileks, dan meredakan nyeri pada perut
  • Kelima, Air ketuban pecah
    Selama kehamilan, bayi mengambang dalam kantung berisi air ketuban yang melindunginya dari segala guncangan. Sesaat sebelum lahir kantung ketuban tersebut akan pecah, atau yang dikenal sebagai 'ketuban pecah'. Pertanda kelahiran ini adalah salah satu pertanda yang wajib diketahui oleh para wanita yang sedang hamil.
  • Keenam, Gangguan Perut
    Jika Anda mengalami gangguan perut, bisa jadi tubuh sedang bersiap-siap untuk menghadapi persalinan. Tanda ini merupakan hal yang normal terjadi. Pasalnya hormon prostaglandin menstimulasi perut untuk lebih sering membuka.
  • Ketujuh, Muntah
    Selama kehamilan, beberapa wanita bermasalah dengan rasa mual. Jika sedang hamil tua, selalu memuntahkan apa yang telah dimakan merupakan tanda akan terjadinya persalinan. Beberapa orang mengatakan, muntah-muntah ini disebabkan oleh perpaduan rasa takut, nyeri, gairah, juga efek hormon.
  • Kedelapan, Kontraksi
    Ini adalah salah satu tanda yang lazim terjadi. Pada saat berkontraksi, rahim akan mengencang dan mengendur untuk mempersiapkan lahirnya si jabang bayi. Proses mengencang-mengendur inilah yang disebut kontraksi dan menyebabkan rasa sakit.
  • Kesembilan, Merasa lebih ringan
    Semakin dekat tanggal kelahiran, Anda akan merasa beban di perut semakin ringan. Mengapa bisa terjadi? Penyebabnya ialah karena bayi cenderung turun dan menetap di sekitar panggul. Ini juga membantu Anda bernapas lebih lega dari sebelumnya.
  • Kesepuluh,Menggigil
    Meski tidak demam, Anda juga bisa menggigil atau gemetar pada tahap awal persalinan. Hal ini merupakan pertanda umum yang dihadapi wanita ketika kelahiran akan terjadi.
  • Kesebelas, Nafsu makan meningkat
    Selama kehamilan, terkadang Anda akan mengidamkan makanan tertentu. Namun jika nafsu makan naik dengan drastis, berarti tanggal kelahiran semakin dekat.

Itulah 11 ciri-ciri ibu yang mau melahirkan dalam waktu dekat, tetaplah tenang dan terus berdoa. Saya doakan anak dan istri anda sehat walafiat.

1 komentar :

  1. Insyaa allaah sangt brmanfaat artikelny & skrg sy lg mnunggu hariny.. Ciri2 diats sdh trjd.. Insyaa allaah HPL tg010419 ini.. Mhn do'a nya..trimakasih

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)