Rabu, 28 Januari 2015

Apakah penyakit pneumonia dan 5 tips pencegahannya

Pneumonia adalah salah satu penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Penyakit infeksi akut menyerang salah satu atau lebih bagian dari saluran napas mulai dari hidung (saluran bagian atas) hingga jaringan di dalam paru-paru (saluran bagian bawah).

Sebenarnya sebagian besar dari infeksi saluran pernapasan hanya bersifat ringan dan tidak memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Infeksi saluran pernapasan bagian atas terutama yang disebabkan oleh virus, sering terjadi pada semua golongan masyarakat pada bulan-bulan musim dingin.

Penyakit ISPA merupakan penyakit yang sering terjadi pada anak, karena sistem pertahanan tubuh anak masih rendah. Kejadian penyakit batuk-pilek pada balita di Indonesia diperkirakan 3 sampai 6 kali per tahun, yang berarti seorang balita rata-rata mendapat serangan batuk-pilek sebanyak 3 sampai 6 kali setahun.

ISPA yang berlanjut inilah yang kemudian menjadi pneumonia (radang paru-paru). Sering terjadi pada anak-anak terutama apabila terdapat gizi kurang dan dikombinasi dengan keadaan lingkungan yang tidak sehat.

Cara mencegah penyakit pnemonia adalah dengan :

Pertama,
Karena biasanya penyakit ini terjadi pada ayi dan anak, usahakan untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi sekurang-kurangnya pada usia enam bulan pertama dan dilanjutkan dengan memberikan imunisasi yang diwajibkan sesuai jadwal (IDAI).

Kedua,
Biasakan mencuci tangan dengan cara yang benar di lingkungan keluarga.

Ketiga,
Biasakan untuk menutup mulut dengan tangan atau tisyu pada saat batuk.

Keempat,
biasakan memakai masker pada saat terkena flu

Kelima,
Hentikan kebiasaan merokok dari anggota keluarga

Jika kelimanya sudah dilakukan, mudah-mudahan bisa membantu anggota keluarga, terutama anak, agar jangan sampai terkena penyakit mematikan ini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)