Jumat, 16 Januari 2015

Waspadai penyakit pada telinga manusia

Pernah mengalamai masalah pada telinga anda? Seperti gatal, terasa bengkak, tersumbat atau mendengung. Sepertinya masalah yang sederhana, tapi jangan di anggap remeh lo.

Contohnya masalah telinga tersumbat, masalah ini datang bisa karena beberapa sebab. diantaranya :
- adanya kotoran telinga (serumen)
- terdapat infeksi pada telinga
- ada ketidakseimbangan tekanan udara di dalam telinga
- terdapat benda asing yang masuk ke dalam telinga, nyamuk misalnya

Untuk memastikan apa penyebabnya, tentu saja tidak bisa ditebak-tebak sendiri, segeralah berkonsultasi ke dokter telinga.

Untuk yang merasa sakit telinganya, penyeabnya juga bisa bermacam-macam, diantaranya:
- Terdapt infeksi di dalam telinga
- Ada luka, bisa karena terlalu sering pakai pembersih telinga
- ada kelainan anatomis/fisologis pada telinga
- terdapat penyakit/gangguan persarafan atau keseimbangan
-Bisa juga karena ada tumor

Jika masalah diatas di sebabkan oleh infeksi maka dokter akan melakukan pemeriksaan telinga, seperti: otoskopi, timpanometri, acoustic reflectometry, dan sebagainya. Jika diagnosis benar otitis media dengan efusi, maka dokter akan melakukan myringotomy, yaitu mengeluarkan cairan dari telinga tengah.

Bila ternyata diagosisnya adalah chronic suppurative otitis media (CSOM), maka akan berespons terhadap pemberian terapi topikal (tetes telinga) dibandingkan pemberian terapi sistemik. Kesuksesan pemberian terapi topikal tergantung dari beberapa faktor, antara lain: ketepatan pemilihan drop antibiotik, prosedur aural toilet yang agresif dan teratur, serta kontrol jaringan granulasi.

Antibiotik topikal dan sistemik digunakan untuk mengatasi CSOM. Preparasi fluoroquinolone otic, dengan atau tanpa kortikosteroid, adalah pilihan tepat untuk terapi topikal. Golongan aminoglycoside otics juga dapat digunakan.

Jadi, kalau penyakit di telinga anda sudah mulai mengganggu aktifitas anda(seperti penyakit telinga yang berair), tidak ada salahnya waspada pada penyakit di telinga manusia.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)