Jumat, 30 Januari 2015

Sst, Terlalu banyak makan wortel ternyata berbahaya lho

Terlalu banyak makan wortel ternyata berbahaya - wortel mengandung beta-karoten yang dapat dikonversi dl dalam tubuh menjadi vitamin A. Oleh karena itu beta-karoten juga disebut pro-vitamin A. Vitamin A dalam bentuk jadi juga terdapat dalam makanan lain, terutama produk hewani seperti hati, mentega, ikan, susu, keju dan kunlng telur.

Vitamin A diperlukan dalam menjalankan fungsi mata, terutama untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan. Rabun senja (menjadl buta blla cahaya redup) dapat terjadi bila kekurangan vitamin A yang parah dan berkepanjangan. Bentuk yang paling parah darl kekurangan vitamin A adalah xeroftalmia atau kekeringan mata yang mengakibatkan kerusakan kornea sehingga menyebabkan kebutaan total. Banyak anak di negara berkembang telah menjadi korban. Salah satu cara mencegah hal ini adalah dengan memasukkan beta-karoten ke dalam makanan mereka.

Lalu berapa banyak sebaiknya anda makan wortel?
Setiap orang dewasa disarankan mendapatkan asupan 600-700 mikrogram vitamin A per hari. Jumlah Inl dapat dengan mudah kita didapatkan dari makanan yang seimbang, terutama karena vitamin A juga dapat terbentuk dari beta- karoten. Untuk membentuk satu mlkrogram vitamin A, anda memerlukan enam mikrogram beta-karoten.

Setiap 100 9 wortel mentah mengandung 1.067 mlkrogram vitamin A dalam bentuk beta-karoten (sekitar 6.400 mlkrogram). Artinya, dengan 100 9 wortel Anda sudah memenuhi lebih dari 1,5 kali rekomendasi harian rata-rata untuk vitamin A. Beta- karoten juga terdapat dalam buah-buahan dan sayuran lain, pada tingkat lebih rendah, terutama di kubis, buah-buahan berwarna gelap, sayuran berdaun hijau dan kuning atau oranye.

Trus apa bahaya dari kelebihan vitamin A ?
Ternyata terlalu banyak vitamin A juga berbahaya lho. Mereka yang kelebihan vitamin A mengalaml gejala keracunan akut seperti mual, muntah, sakit kepala, pusing, penglihatan kabur dan kesulitan koordinasi otot. Hal ini terjadi bila mengkonsumsl vitamin A leblh dari 3000 mlkrogram (dewasa) atau 600 mlkrogram (batita) per harl.

Kelebihan vitamin A terutama disebabkan oleh penggunaan suplemen yang tidak tepat atau makan terlalu banyak hati dan produk hati. Kelebihan vitamin A karena mengkonsumsi wortel dan makanan kaya beta- karoten lain sangat jarang. Pengubahan beta-karoten menjadi vitamin A dilakukan secara selektlf. blla tubuh sudah merasa cukup maka tldak semua beta- karoten diubah menjadi vitamin A.

Tuh kan, terlalu banyak memang sering kali tidak baik kan, termasuk wortel.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)