Selasa, 13 Januari 2015

Komposisi Gizi dan Nutrisi Terbaik Untuk Kecerdasan Anak

Komposisi gizi dan nutrisi yang seimbang dan sehat tentu saja sangat diperlukan untuk menopang tumbuh kembang anak secara maksimal.

Asupan gizi dan nutrisi yang sesuai pada 5 (lima) tahun pertama (bawah lima tahun – balita) sangat menentukan bagi proses tumbuh kembang anak. Masa balita yang merupakan periode emas (the golden age) harus didukung makanan yang dijuluki “Brain Food” untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsi, dan meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir.

Berikut 10 jenis makanan untuk gizi dan nutrisi terbaik anak:

>>Salmon
Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 – DHA and EPA. Kedua unsur ini sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.


>>Telur
Kandungan zat kolin yang padat pada kuning telur akan sangat membantu perkembangan memori atau daya ingat.
>>Selai Kacang
Kacang tanah, (peanut-selai kacang) merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.
>>Gandum Murni
Otak membutuhkan suplai atau asupan glukosa yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni akan mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.
>>Oat/Oatmeal
Jenis sereal yang cukup populer di kalangan anak-anak ini sangat kaya dengan nutrisi yang penting bagi otak. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan untuk mengawali aktivitas anak-anak sejak pagi hari. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng — yang membuat tubuh dan fungsi otak senantiasa berada dalam kapasitas penuh.
>>Berry
Strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry. Semakin kuat warnanya, maka semakin banyak nutrisi yang dikandungnya. Beberapa hasil riset menemukan bahwa anakanak yang banyak memperoleh ekstrak berry dan strawberry telah mengalami peningkatan pada fungsi daya ingatnya. Biji buah berry juga kaya dengan asam lemak omega-3.
>>Kacang-kacangan
Selain memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks, kacang-kacangan juga kaya dengan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang merupakan makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak hingga pada puncaknya, atau di sore hari, jika dikonsumsi saat makan siang. Kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 dibanding jenis kacang lainnya — khususnya ALA – jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.
>>Sayuran Berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak menjadi kuat dan sehat.
>>Susu dan Yogurt
Semua makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya merupakan sumber energi bagi otak.
>>Daging Sapi Tanpa Lemak
Zat besi adalah jenis mineral esensial untuk membantu anak-anak agar tetap berenergi dan berkonsentrasi. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber makanan yang banyak mengandung banyak zat besi. Sementara, kandungan mineral dan seng pada daging sapi sangat bermanfaat dalam memilihara daya ingat.

Itulah 10 jenis makanan untuk gizi dan nutrisi terbaik anak yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber. Smoga bermanfaat

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)