Rabu, 01 Oktober 2014

6 tips untuk kontrol rasa marah

Setiap manusia pasti pernah marah. Hal ini normal, namun tidak bisa di biarkan begitu saja, harus ada solusi agar marah anda tidak lama dan tidak mudah menumpahkan amarah. Karena marah bisa menyebabkan gangguan kesehatan, baik kesehatan fisik maupun mental.

Berikut adalah 6 tips untuk mengontrol emosi

Pertama, tariklah nafas anda dalam-dalam
Lakukan selama 5 sampai 10 detik. Fokuslah untuk menghitung berapa lama anda menarik nafas, lupakan sejenak hal yang mebuat anda marah. Tarik nafas secara perlahan lewat hidung, dan hembuskan melalui mulut anda.

Kedua, pikirkan solusi singkatnya
Misalnya anda marah karena OB tempat anda berkerja, sering kali terlambat mengantarkan minum untuk anda. Berjalanlah sendiri ke tempat air minum. Untuk solusi jangka panjang, anda bisa membeli sendiri aqua gelas dan letakkan di bawah meja kerja anda. Sehingga sewaktu-waktu anda butuh bisa segera anda ambil.

Ketiga, katakan sejujurnya
Terkadang kemarahan datang karena Anda tidak mengatakan secara langsung apa yang Anda inginkan dan harapkan. Oleh karena itu hindari hal-hal yang membuat Anda marah dengan mengungkapkannya secara langsung. Kelegaan hati bisa membuat Anda terhindar dari emosi yang tidak perlu.

Keempat, alihkan perhatian Anda
Mengalihkan perhatian Anda dari hal-hal yang membuat Anda marah efektif untuk meredakan kemarahan Anda. Sehingga jika Anda sudah merasa terlalu sebal dan tidak bisa berpikir jernih, cobalah untuk sekedar berjalan-jalan atau bertemu teman untuk berbagi cerita.

Kelima, Menulislah
Menulis bisa menjadi terapi untuk meredakan kemarahan Anda terutama ketika Anda tidak mempunyai teman untuk berbagi cerita. Tuliskan hal apapun yang membuat Anda marah dan apa saja yang menjadi harapan Anda dari hal tersebut.

Keenam, Manjakan dirimu
Memanjakan diri sejenak juga bisa menjadi langkah yang tepat untuk meredakan kemarahan. Lakukan hal-hal yang membuat Anda senang dan ketika pikiran Anda sudah segar kembali, Anda bisa melihat permasalahan yang membuat Anda marah dari sudut pandang yang berbeda.

Demikian 6 tip untuk mengontrol amarah anda, semoga tipsnya berguna untuk kesehatan anda. Tetaplah tahan emosi anda, karena emosi sering kali membuat kita berbuat sesuatu yang merugikan diri sendiri dan orang lain

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)