Sabtu, 04 Oktober 2014

Sehat Alami dengan Herbal!

Mau gak sih jadi sehat tapi dengan bahan-bahan yang alami? tentu mau dong. Ternyata buah dan sayuran seperti jerus nipis, bawang putih, brokoli dan buah alpukat itu banyak manfaatnya lho. Mau tahu? Ok, kita bahas satu-satu ya

Manfaat Jeruk Nipis 
Jeruk  nipis  punya  banyak  manfaat.  Selain  menjadi  minuman  yang  menyegarkan, buah  yang
sudah  dikonsumsi  ribuan  tahun  yang  lalu  ini  juga  bisa  mencegah  daan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Buah jeruk nipis mengandung banyak air dan vitamin C yang tinggi. Daun, buah, dan bunganya, mengandung minyak terbang limonin dan linalool. Air jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat kumur pada penderita sakit  tenggorokan.   Kulitnya,  bila  ditahan  di  dalam  mulut,  bisa  mengharumkan  atau mengurangi  bau  mulut  tak  sedap  dan  mengatasi  radang  karena  mengandung  zat asam yang dapat mematikan kuman. Jeruk Nipis juga bisa dimanfaat untuk mengatasi disentri, sembelit, ambeien, jerawat, vertigo, batuk, mencegah rambut rontok, ketombe, flu, demam, amandel, mimisan, dan masih banyak lagi.

Manfaat Bawang Putih
 Ada lebih dari 12 studi yang dipublikasikan di  seluruh  dunia  yang memastikan  bahwa bawang putih  dalam  berbagai  bentuk dapatmenurunkan kolesterol. Oleh karena itu,  dapat  disimpulkan bahwa  bawang ini  dapat  menyembuhkan  tekanan  darah tinggi, penyakit jantung.  Kandungan sulfur  yang  terkandung  dalam bawang putih  membuatnya  memiliki  bau  dan rasa  yang  khas dapat  meningkatkan dan  mempercepat  kegiatan  membran mucous di  saluran  pernapasan,  yang membantu  melegakan  pemampatan dan  mengeluarkan  lendir. Bawang  putih mentah mengandung phytochemical yang dapat  membantu  membunuh  bakteri  dan virus penyebab penyakit.

Manfaat Brokoli
Kandungan  vitamin  C  pada  brokoli  lebih banyak daripada jeruk, kandungan kalsium brokoli  juga lebih  besar  dibandingkan segelas  susu,  dan  brokoli  juga  diketahui mengandung  lebih  banyak serat daripada  sepotong  roti  gandum.  Cara mengkonsumsinya pun sangatmudah, bisa dimakan mentah, ditumis, dicampur sebagai salah satu bahan sop atau dikukus sebagai lalapan.  Peneliti  dari Royal Pharmaceutical Society  membuktikan  bahwa  brokoli mengandung senyawa  yang  mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah  bentuk  dementia  (berkurangnya ingatan)  yang  paling  umum  dijumpai di  kalangan  orang  tua  yang  disebabkan oleh  enzim acetylcholinesterase.  Brokoli memiliki  sifat  anti-acetylcholinesterase paling kuat.

Manfaat Buah Alpukat
Buah  alpukat  kaya  vitamin  A  dan  karoten yang baik. Demikian juga dengan mineral kalium dan rendah natrium. Makanan yang kadar kaliumnya  tinggi  dan  natriumnya rendah adalah makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.  Orang  yang menderita  diabetes sangat  disarankan  untuk  mengkonsumsi buah  alpukat.  Buah  alpukat  juga  bisa dimanfaatkan  untuk  kecantikan, misalnya saja,  mengatasi  tumit  pecah-pecah  atau kulit  kering  dengan  cara  diblender  dan dijadikan  masker.  Sementara  itu, alpukatyang  sudah  dihaluskan  dan  dicampur dengan  jeruk  bisa  dimanfaatkan  sebagai penghitam rambut. Caranya, alpukat yang sudah halustadi dibalurkan pada rambut, lalu  ditutup  dengan  topi  mandi  selama satu jam, bilas kemudian.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)