Sabtu, 11 Oktober 2014

Sumber Masalah Pada Pembuluh Darah

Timbulnya masalah pada pembuluh darah biasanya merupakan akibat dari stroke,kecelakaan (benturan keras), atau kejang-kejang (epilepsi).Stroke sendiri memiliki dua tipe; dengan pendarahan atau tanpa pendarahan. Sementara kejang-kejang biasanya merupakan akibat dari adanya kelainan arteridan vena atau biasa disebut dengan Arteriovenous Malformation-AVM yang sering dijumpai pada penderita epilepsi.

Namun, umumnya kasus yang ditangani dengan prosedur radiologi intervensi adalah  stroke dengan pendarahan.  Stroke tanpa pendarahan biasanyapembuluh darahnya sempit. Sehingga suatu saat akan menutup dengan sendirinya. Memang, tetap bisa dilakukan dengan tindakan DSA,namun,orientasi dari DSA ialah tindakan terhadap strokedengan pendarahan. Utamanya, yang terkait dengan prosedur embolisasisebagai teknikuntuk menutup pembuluh darah yang abnormal atau mematikan pendarahan.

Intinya, kasus-kasus kelainan pembuluh darah yang di masa lalu harus ditangani dengan tindakan operasi, saat ini dengan DSA dan Embolisasi bisa tanpa operasi. Embolisasi adalah tindakan untuk menutup pembuluh darah yang abnormal. Alatnya macam-macam, bisa berupa logam,lem, balon dan sebagainya.

Prosedur ini dilakukan untuk menghentikan pendarahan. Mirip dengan metode penambalan pipa bocor dengan butiran-butiran kecil polyvinyl. Metode ini juga digunakan pada terapi kanker untuk mematikan pembuluh darah yang memberi makan sel-sel kanker/tumor.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)