Sabtu, 04 Oktober 2014

7 makanan yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh (diambil dari wikipedia.org) adalah sistem pertahanan alami manusia sebagai perlindungan terhadap infeksi dari makromolekul asing atau serangan organisme, termasuk virus, bakteri, protozoa dan parasit. Sistem kekebalan juga berperan dalam perlawanan terhadap protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas, dan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor.

Sistem kekebalan tubuh ini harus anda jaga agar hidup bisa berkualitas. Bayangkan jika sistem kekebalan tubuh kita lemah. Tentu akan sangat menggangu aktifitas belajar, hubungan dengan keluarga, teman dan juga aktifitas sosial kita.

Untuk menjaganya ternyata tidak terlalu sudah kok. Mengkonsumsi 6 makan berikut secara teratur sudah sangat membantu

Pertama, madu

Sudah dari jaman dahulu, orang tahu banyak manfaat dari madu, begitu banyak dan sangat beragam. Salah satunya adalah untuk pertahanan tubuh dan bisa menambah stamina tubuh kita.

Kedua, jeruk
Jeruk memiliki beragam manfaat. Beta karoten yang terdapat di dalam jeruk berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga tubuh kita dari radikal bebas penyebab penyakit. Jeruk membantu melawan virus, menjaga sistem peredaran darah dan elektrolit sel menjadi seimbang, serta membantu membentuk jaringan dan tulang menjadi kuat. Selain itu, kandungan asam folat dalam jeruk ini juga memiliki peran yang sangat krusial bagi pertumbuhan dan perkembangan otak, serta melndungi hati dari kerusakan.

Ketiga, kale
Kale dikemas dengan antioksidan mampu meningkatkan imunitas tubuh. Kale adalah jenis sayuran hijau yang masuk dalam keluarga Brassica, seperti halnya kubis, kailan, dan brokoli. Mengonsumsi kale bisa memberikan tubuh asupan nutrisi yang baik seperti mangan, zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan fitonutrisi.

Keempat, Yoghurt
Yoghurt bukan hanya sarapan rendah kalori. Asupan probiotik di pagi hari lewat konsumsi yoghurt ini bisa membantu menjaga  keseimbangan tubuh, terutama pada saluran pencernaan.

Kelima, bawang putih
Bawang putih kaya antioksidan yang mampu memerangi kanker.Selain itu, bawang putih juga memiliki senyawa alil. Senyawa ini berkhasiat memerangi penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.

Keenam, Teh
Teh sudah lama dikenal sebagai minuman alami yang baik bagi kesehatan. Berbagai bahan alami yang menjadi komposisi teh dipercaya menyimpan banyak mineral dan vitamin yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Teh, terutama teh hitam, diketahui mengandung alkylamines, yakni antigen yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, teh hitam juga mengandung senyawa tanin. Tanin memiliki peran dalam mencegah penyakit ringan akibat virus.

Ketujuh, sup ayam
Sayuran yang terdapat di dalam sup kaya akan antioksidan. Kaldu panas bisa melonggarkan lendir. Sementara itu, protein dalam ayam membantu memperbaiki sel-sel tubuh.

Yup, sudah tujuh buah makanan, semoga tips untuk kesehatan kekebalan tubuh ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih sudah berkunjung :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)