Kamis, 02 Oktober 2014

Manfaat daun ketumbar untuk kesehatan kita

Banyak orang yang tidak tahu manfaat dari daun ketumbar untuk kesehatan, hal ini disebabkan karena bentuknya yang tidak menarik, seperti daun kebanyakan. Asumsi jika mendengar ketumbar adalah bumbu masakan, yap ketumbar memang sudah lama kita kenal sebagai bumbu masakan daripada sebagai obat.


Seluruh bagian tanaman meliputi buah, biji, dan daun, bahkan akarnya dapat dimanfaatkan. Selain bijinya yang sering dijadikan sebagai bumbu masakan, daun ketumbar juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan

Ketumbar ternyata ramuan yang berguna karena banyak unsur gizi dan penyembuhan di dalamnya. Kondisi ini bisa terjadi, karena ketumbar mengandung senyawa antibakteri dan merupakan sumber yang luar biasa akan kandungan mineral yang melawan penyakit dalam tubuh dan membantu Anda tetap fit.

Untuk mengetahui lebih lanjut, apa saja manfaat dari daun ketumbar. Berikut ini ulasan menariknya seperti diungkap Magforwomen.

Ketumbar sebagai antibiotik alami

Daun ketumbar dapat dijadikan antibiotik alami untuk mengatasi berbagai masalah gangguan pencernaan, seperti diare yang disebabkan oleh bakteri patogen. Hal ini karena daun ketumbar mengandung senyawa kimia terutama jenis borneol dan cilantro yang mampu membunuh bakteri E. coli, yaitu patogen penyebab diare.Khasiat daun ketumbar tidak sebatas itu saja, sebagai antibiotik alami daun ketumbar juga mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti radang lambung, campak, pusing, flu, wasir, tekanan darah tinggi, masuk angin, radang payudara, muntah-muntah, bahkan lemah syahwat.

Ketumbar bermanfaaat untuk gangguan kulit

Daun ketumbar dipenuhi dengan antijamur, antiseptik, kemampuan detoksifikasi dan sifat disinfektan yang mengobati gangguan kulit seperti panu ,bisul ya beberapa penyakit kulit bisa asal bukan gonorhoe.

Ketumbar membantu meningkatkan kesehatan pencernaan

Membantu mensekresi enzim dan cairan pencernaan dalam perut. Kondisi ini pada gilirannya merangsang sistem pencernaan yang bisa memudahkan proses pencernaan dalam usus dan lambung. Selain itu ketumbar memiliki kemampuan melawan salmonella (penyebaba sakit perut)

Ketumbar membantu mengontrol gula darah dan kolesterol

Daun ketumbar mengandung vitamin C yang berperan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, daun ini bisa mencegah pembentukan kolesterol dalam lapisan arteri dan vena, sehingga mengurangi resiko penyakit jantung.

Tuhkan, ternyata yang terlihat remeh bisa menjadi obat alamiah yang bermanfaat bagi kesehatan kan. :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)