Selasa, 21 Oktober 2014

Pengobatan Epilepsi pada Bayi dan Anak

Pengertian Epilepsi
Sebelum berbicara cara pengobatan epilepsi, mari kita kupas sedikit tentang pengertian epilepsi. Epilepsi adalah gangguan berupa kejang berulang tanpa diprovokasi. Epilepsi adalah masalah umum yang dijumpai pada 0,5%-1% bayi dan anak, dengan insiden tertinggi pada usia kurang dari 1 tahun. Diagnosis sangat tergantung pada histori klinik dan pemeriksaan EEG. Sebagian besar epilepsi mempunyai respons yang baik dengan obat antiepilepsi. Sindrom epilepsi adalah keadaan yang mempunyai ciri khusus, yaitu bentuk kejang dan gambaran eegyang karakteristik. Sindrom ini dapat berhubungan dengan etiologi dan prognosisnya. bila mendengar atau melihat anak dengan kejang, beberapa hal yang perlu ditanyakan adalah, apakah ini kejang, bagaimana bentuk kejangnya, apa penyebab kejang ini, dan apakah ini suatu sindrom?

Apakah anak anda benar-benar kejang?
Ada beberapa keadaan yang mirip dengan kejang. Oleh karena itu, anamnesa yang kritis merupakan hal krusial untuk mendiagnosa suatu kejang atau epilepsi. Anamnesa sebelum, saat, dan sesudah kejang sangat penting diperoleh dari orang yang melihatnya. Adakah faktor presipitasi, seperti nyeri, ketakutan, atau berdiri terlalu lama yangmemungkinkan keadaan hipotensi postural.

Keadaan lain seperti serangan henti napas sejenak (breath holdingspell), tic's, dan mionklonus tidur, kadang-kadang diterapi sebagai epilepsi.

Bentuk Kejang
Penting untuk membedakan dua keadaan kejang. Kejang demam merupakan kejang dengan demam yang sering dijumpai pada anak. Insiden kejang demam diperkirakan 3% pada anak usia 3 bulan sampai dengan 5 tahun dengan insiden tertinggi pada usia 2 tahun. Sepertiga kasus akan berulang dan 3%-nya dapat berkembang menjadi epilepsi. Tidak terdapat bukti bahwa obat anti-konvulsi dapat mengubah atau mengurangi kemungkinan terjadinya epilepsi.

Klasifikasi internasional membagi kejang ke dalam 2 kategori besar, yaitu umum dan fokal.

Kejang Umum
kejang umum berkaitan dengan bangkitan elektrik neuron di kedua hemisfer otak. kejang fokal diawali di salah satu hemisfer.

Kejang fokal
kejang fokal dibagi lagi menjadi kejang fokal sederhana dan kompleks yang disertai penurunan kesadaran atautidak. kejang fokal dapat menjadi kejang umum sekunder yang dapat disalah-interpretasikan sebagai kejang umum primer, terutama pada anak yang mengalami kejang malam hari tanpa ada yang melihatnya.

Idiopatik dan Epilepsi Umum
Epilepsi idiopatik biasanya terjadi pada anak dengan perkembangan dan pemeriksaan fisiknya normal.umumnya, terjadi pada usia tertentu dan mempunyai prognosis baik. sebaliknya, simtomatik epilepsi dihubungkandengan epilepsi karena ada kelainan di otak. malformasi kortikal merupakan penyebab tersering epilepsi simtomatik, terutama pada anak dengan epilepsi intraktabel (40%). malformasi merupakan kelainan nonprogresif yang terjadi sejak perkembangan awal otak. penyebab lain adalah tumor, kelainan metabolik genetik seperti tubero sklerosis.

Pengobatan Epilepsi
Prinsip umum pengobatan epilepsi termasuk menghindari faktor presipitasinya. orangtua perlu diberi tahu mengenai keadaan yang membahayakan pasien bila mendapat serangan. Kejang jarang berlangsung lebih dari tiga menit dan kejang yang singkat ini tidak merusak otak.

Pada sebagian besar jenis epilepsi, anti-konvulsan rumatan umumnya direkomendasikan setelah dua serangan kejang tanpa demam.terdapat banyakobatanti-kejang yang tersedia untuk epilepsi. Namun, pemilihan tergantung dari beberapa faktor, termasuk usia,jenis epilepsi, dan sindrom epilepsi.sebagian besar anak dengan epilepsi mempunyai respons baik dengan obat. Lebih dari 60% pasien mencapai remisi dalam dua tahun pengobatan. sindrom rolandic dan absens epilepsi mempunyai prognosis yang baik terhadap terapi. adanya kelainan struktural pada otak, kejang persisten yangberlangsung selama dua tahun setelah pengobatan, dan gambaran eegabnormal yang menetap merupakan petunjukprognosis yang tidak baik.

Keputusan menghentikan pengobatan tergantung dari apakah itu suatu sindrom ataubukan dan kemungkinan kekambuhannya. Prognosis jangka panjang setelah penghentian obat umumnya baik, sebagaicontoh 60-75% anak yang terkontrol selama 4 tahun akan tetap bebas kejang setelah obat dihentikan.penghentianobat dilakukan setelah dua tahun bebas kejang pada kasus epilepsi rolandik dan absensepilepsi.pengobatan lebih lama untuk kasus epilepsi simtomatik. prinsip umum penghentian obat secara bertahap.relaps umumnya terjadi dalam 3 bulan pertama setelah obat dihentikan.diperkirakan, 20-30% kasus denganrefrakter epilepsi. kemungkinan mencapai remisi menurun drastis bila dengan dua obat anti antiepsi tidak memberikan respons.operasi merupakan pilihan pada kasus seperti ini. prognosis setelah operasi bervariasi, tergantung pada sindrom epilepsi. tetapi, 40%-70% akan bebas kejang. pilihan lain adalah diet ketogenik, stimulasiotak, dan imonoterapi.
Dr. Dwi Putro Widodo, Sp.A (K)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)