Rabu, 08 Oktober 2014

Tetap Sehat dan Bugar dengan Bersepeda

Anda suka bersepeda? kalau belum, cobain deh, ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh lho. Namun, lakukanlah aktivitas ini secara terukur. Pemanasan dan peregangan otot jangan lupakan dilakukan agar manfaat yang diperoleh bisa optimal.

Bagi  penderita  obesitas,  jika  rutin dan teratur mengayuh kereta angin ini, berat badan pun akan turun. Sebab, bersepeda selama satu jam mampu  membakar sebanyak 300 hingga 700 kalori.

Bersepeda  juga  baik  untuk  kesehatan  jantung.  Hasil  studi  sebuah universitas terkemuka di Amerika Serikat menyebutkan, bersepeda secara teratur atau paling tidak 20 mil dalam seminggu dapat  mengurangi penyakit jantung hingga 50 persen.

Penyakit yang menyerang percernaan  juga  bisa  dihindari  dengan kegiatan  bersepeda.   Aktivitas  fisik  ini akan  membantu mengurai waktu yang diperlukan makanan yang bergerak melalui
usus  besar,  membatasi  jumlah  air  yang diserap kembali ke dalam tubuh, dan membuat tinja atau feses menjadi lunak.

Hanya  saja,  untuk  mendapatkan manfaat  yang  optimal  dari  aktivitas ini,  perlu diperhatikan beberapa hal.

Melakukan  pemanasan yang cukup sebelum  bersepeda sangat  dianjurkan untuk menghindari terjadinya cedera otot. Begitu pula usai bersepeda, peregangan otot juga jangan  dilupakan  agar  otot-otot  kembali normal sehingga pengendaranya kembali merasa nyaman dan rileks usai bersepeda.

Selain itu, bagi penderita suatu  penyakit kegiatan bersepeda sah-sah saja  dilakukan. Namun sangat perlu   diperhatikan bahwa aktivitas yang  dilakukan ini jangan sampai malah memperparah penyakitnya, atau berakibat fatal bagi keselamatan jiwanya. Mengetahui secara pasti kondisi tubuh sebelum bersepeda dan mengukur porsi aktivitas yang tepat adalah kata kuncinya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)