Minggu, 19 Oktober 2014

Sejarah Teknologi Minimal Invasif

Karena sebelumnya sudah ada artikel tentang teknologi bedah minimal invasif, tidak ada salahnya jika kita tahu sejarahnya sedikit. Sejatinya, teknik bedah laparoskopi bukanlah barang baru.

Teknologi ini pertama kali dilakukan George Kelling pada tahun  1902. Ilmuwan asal Dresden,
Jerman, ini melakukan uji coba operasi  dengan teknik laparoskopi pada seekor anjing. Delapan tahun  kemudian, atau persisnya tahun 1910, Jacobeus mencoba teknik  laparoskopi pada manusia.  Namun, gebrakan teknologi ini baru dimulai ketika dr. Melvin  Cohen menerapkan Laparoscopy Operativepada kasus-kasus  infertillity(masalah kesuburan), di Chicago, Amerika Serikat,  tahun 1966. Cohen juga yang membuka mata dunia kedokteran  –khususnya di bidang ginekologi— dengan menerbitkan buku berjudul “Laparoscopy, Culdoscopy and Gynecography;  Technique and Atlas”.Buku pertama yang membahas teknik  operasi laparoskopi dan menjadi text bookdi Amerika.

Tahun 1985, Cody Evander, robot yang digunakan sebagai  pengganti jarum biopsi pada operasi otak dipakai pada operasi  prostat (laparoscopy surgery).  Tahun 1992, Integrated Surgical Systems, memperkenalkan  ROBODOC kepada dunia kedokteran. Hebatnya, ROBODOC  merupakan satu-satunya sistem robot yang mendapat restu dari  Food and Drug Administration (FDA- Badan Pengawas Obat dan  Makanan) di Amerika Serikat.

Tahun 1994, teknologi laparoskopi semakin  canggih dengan kehadiran AESOP (Automatic  Endoscopic System for Optimal Positioning, Computer  Motion, Inc) yang sangat berguna untuk membantu  operator dalam mengatur arah orientasi laparoscope.  Tahap selanjutnya, lisensi AESOP dibeli dan dilanjutkan  oleh perusahaan Intuitive Surgical, Sunnyvale,  California untuk menciptakan apa yang kemudian kita kenal dengan da  Vinci Surgical System. Suatu teknologi kedokteran paling terkini yang  memungkinkan ahli bedah untuk melakukan operasi sulit dan rumit  melalui sayatan sangat kecil (minimally invasive surgery).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)