Kamis, 02 Oktober 2014

Kendalikan kolesterol anda dengan cara terbaik

Kolesterol merupakan istilah yang sudah sering kita dengar. Ya, kolesterol yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh kita, karena bisa menyebabkan penyakit jantung. Cara terbaik untuk mengendalikan kolesterol tentu saja dengan membatasi makanan yang kaya kolesterol masuk ke dalam badan dan juga menjaga pola hidup.

Berikut enam cara yang bisa anda tempuh untuk mengendalikan kolesterol :

Pertama, konsumsi jeruk
yang kita tahu adalah, jeruk sumber vitamin C, namun tahukan anda, ternyata jerus juga mengandung pektin. Apa itu pektin? Pektin adalah zat yang dapat menyerap kolesterol di dalam perut. JIka banyak mengkonsumsi jeruk, maka kolekterol yang masuk ke dalam tubuh, tidak bisa masuk dengan mudah ke dalam aliran darah.

Kedua, konsumsi teh
Penelitian mengenai epigallocatechin gallate (EGCG) yang merupakan komponen bioaktif paling dominan di dalam teh terbukti bisa mencegah terjadinya percepatan (akselerasi) oksidasi kolesterol jahat (LDL).
Dengan rutin meminum teh setiap hari dalam jumlah yang wajar akan bermanfaat untuk mengurangi terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang bisa menjadi pemicu penyakit jantung. Kolesterol baik dibutuhkan oleh tubuh, sedangkan kolesterol jahat dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh.

Ketiga, hindari makanan cepat saji (junk food)
Tahukan anda bahwa jenis makanan ini mengandung banyak lemak trans. Kelebihan konsumsi lemak trans bisa meningkatkan angka kolesterol LDL ( kolesterol jahat) dalam darah sehingga meningkatkan resiko gangguan metabolisma dan meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular terutama penyakit jantung dan stroke.

Keempat, jadikan olahraga sebagai kebiasaan
Olahraga dapat mengurangi kolesterol jahat, trigliserida, dan tekanan darah. Kegiatan ini menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga jantung tetap sehat dan menurunkan berat badan.

Kelima, kurangi berat badan
Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol adalah penurunan berat badan. Obesitas adalah salah satu alasan kolesterol tinggi. Berat meningkatkan tekanan darah, LDL (kolesterol jahat), dan menurunkan kolesterol baik dalam tubuh.

Keenam, berhentilah merokok
Jika Anda menderita hipertensi atau memiliki trigliserida tinggi, ini adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Tembakau meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Apalagi sekarang bungkus rokok gambarnya sudah seram-seram sekali, apa anda tidak takut menjadi korban berikutnya dari rokok :)

Segitu saja tips kesehatan untuk mengendalikan kolesterol dari saya, semoga bisa di aplikasikan dalam hidup anda.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk memberikan komentar :)